Panduan Teknis Pengisian Rapor dan Buku Induk Kurikulum 2013

Panduan Teknis Pengisian Rapor dan Buku Induk Kurikulum 2013

Panduan Teknis Pengisian Rapor dan Buku Induk Kurikulum 2013

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai panduan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Proses pembelajaran merupakan upaya untuk mencapai kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kurikulum. 

Rapor merupakan informasi hasil penilaian oleh pendidik dengan menggunakan kriteria kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Ketiga kompetensi tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran predikat dan deskripsi hasil pembelajaran peserta didik. 

Rapor juga dapat dijadikan sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan kemajuan hasil belajar peserta didik. Rapor disusun berdasarkan prinsip sebagai berikut:

  1. Objektif, berarti laporan hasil penilaian berbasis pada standar dan kriteria yang telah ditetapkan serta tidak terpengaruh faktor subjektivitas penilai.
  2. Akuntabel, berarti laporan hasil penilaian dapat dipertanggungjawaban kepada pihak internal sekolah maupun eksternal.
  3. Transparan, berarti penentuan standar, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dalam laporan hasil kompetensi peserta didik dapat diakses oleh peserta didik dan orangtua.
  4. Informatif, berarti laporan hasil penilaian harus mampu memberikan informasi hasil pencapaian kompetensi dengan jelas, tepat dan akurat.

[ Format.pdf - Adobe Reader ]





Demikianlah shared file tentang Panduan Teknis Pengisian Rapor dan Buku Induk Kurikulum 2013. Semoga berguna serta bermanfaat. Terima Kasih.

Lihat Juga : Aplikasi Pengolahan Nilai Raport

0 Response to "Panduan Teknis Pengisian Rapor dan Buku Induk Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel